Sejarah Uang Dan Perkembangannya

Mengenal Sejarah Uang
 
 A. Uang Jaman Dulu
Kebutuhan akan alat tukar dalam memenuhi kebutuhan manusia memunculkan uang sebagai pilihan, hal ini disebabkan uang mudah dibawa-bawa dan dapat diterima semua orang.
Pada jaman dahulu uang belum dikenal sebagai alat tukar yang sah, lalu bagaimana orang dapat memenuhi kebutuhan akan barang lainnya ?
ada beberapa alat dan cara  yang digunakan orang pada waktu itu sebagai alat tukar, seperti :

1. Barter
Cara ini adalah menukar barang dengan barang lainnya atau tukar menukar barang. Pada masa lalu kehidupan masih sederhana dan jenis barang masih sedikit jadi sistem barter masih bisa diterima dan tidak jadi masalah. Seiring dengan perkembangan jaman dan makin kompleknya kehidupan manusia menjadikan sistem barter ini terlihat kekurangannya.
2. Uang Barang
Uang barang adalah barang yang dianggap berharga dan disepakati menjadi alat tukar/uang. Pada awal kemunculannya di Cina 1500 SM uang barang diterima di sana yaitu berupa kerang. Contoh lain di Inggris pernah menggunakan pedang sebagai mata uang. Beberapa contoh uang barang yang digunakan pada masa lalu, seperti : 
a. Pisau
b. Gigi ikan paus
c. Kulit kura-kura
d. Kambing
e. Porselen
f.  Garam 
B. Uang Modern
Seiring dengan perkembangan jaman dan kebutuhan akan barang, uang barang mulai dirasakan tidak nyaman, hal ini disebabkan tidak semua orang mau menerima pisau, kulit kerang sebagai uang. Beberapa faktor tersebut ini mendorong manusia membuat uang.
1. Koin emas dan perak
Pada awal kemunculannya di Eropa tepatnya di negara Lydia (Turki) uang ini di buat dari campuran emas dan perak yang  diberi tanda/stempel dari pihak kerajaan. Uang koin dikenal juga di Yunani dan Cina.
2. Uang kertas
Makin banyak peredaran dan kepemilikan uang koin (emas dan perak)di masyarakat mendorong orang-orang dan pengusaha pada waktu itu menitipkan koinnya kepada para bandar dan sipembuat koin karena dikhawatirkan pencurian. mereka yang menitipkan uang koinnya diberi tanda bukti sebuah kertas dan dijadikan sebagai alat pembayaran atas barang.





No comments:

Post a Comment