Cara Mengenalkan Uang Kepada Anak

Diawali dari sebuah pembicaraan ringan tentang jual beli, tentunya dengan bahasa yang sangat sederhana. anakku bertanya, "kenapa uang diciptakan ?" Sebuah pertanyaan yang pada akhirnya akan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan lainnya, tetapi memang suatu kewajaran karena salah satu sifat manusia yaitu rasa ingin tahu. Mengenalkan uang secara bijaksana akan melatih anak menjadi  lebih bertanggung jawab.


Kenalkan anak dengan alat tukar yang satu ini ....!!

Prilaku hidup hemat menjadikan pemanfaatan uang lebih terarah. Pengenalan pemanfaatan uang secara baik akan mendidik anak lebih menghargai uang dan cara mendapatkannya. Bagaimana cara mengenalkan dan pemanfaatannya :

1. Mengenalkan nilai nominal uang tersebut.
Mengenalkan nilai nominal uang pada anak tidaklah sulit, kenapa demikian...? karena diuang sendiri sudah terdapat angka yang menunjukan nilai dari uang sendiri. Nilai uang itu yang nantinya akan dipergunakan dalam bertransaksi

2. Mengenalkan nilai uang dan harga barang
Nilai uang dan harga barang memang sangat berkaitan, tetapi tujuan dari pengenalan ini adalah lebih kepada bagaimana barang tersebut didapat, tentunya dengan uang bukan, nah uang itu sendiri bagaimana cara didapatkannya. Anak diajak berfikir untuk dapat menghargai uang dan cara mendapatkannya sehingga pemanfaatannya lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Belajar hemat
Ajarkan kepada anak untuk tetap hidup hemat dengan cara tidak berbelanja berlebihan. Prilaku orang tua tanpa disadari akan ditiru anak. Jika perilaku yang baik tentunya akan membawa nilai positif bagi anak , tetapi jika kebalikannya anak akan selalu hidup boros terlebih jika semua keinginannya selalu terpenuhi. ajarkan kepada anak untuk berbelanja sesuai kebutuhan dan selalu menyisihkan uang untuk ditabung.