PENTINGNYA HIDUP SEHAT

Pengertian Sehat

Sehat adalah Keadaan seseorang secara jasmani dan rohani serta lingkungan sosialnya pada tahap yang baik.
Hidup sehat adalah kebutuhan setiap manusia, kesadaran akan menjaga kesehatan cerminan dari sikap bertanggung jawab baik terhadap pribadi masing-masing maupun lingkungannya, bertanggung jawab artinya ada kemauan untuk merawat diri secara jasmani dan rohani serta peduli terhadap lingkungan sosialnya.
Jadi bagaimana cara hidup sehat ?

Pola hidup yang tidak baik menghasilkan pribadi-pribadi yang tidak baik pula, jadi tinggalkan pola hidup yang tidak baik. Dengan pola hidup yang baik maka kita dapat memetik hasil yang kita inginkan. Ada beberapa tips menuju pola hidup sehat, yaitu :
1. Pembiasaan sarapan pagi
Kesibukan dan waktu membuat hal yang satu ini terlewatkan, padahal dengan sarapan pagi tubuh kita terasa segar. Pilih menu sarapan pagi dengan makanan yang bernutrisi dan berserat tinggi.
2. Olah raga secara teratur
Tubuh kita memerlukan gerak setiap harinya untuk membantu membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh. Olah raga juga akan membantu mengencangkan otot-otot tubuh, selain pengaruhnya terhadap jasmani olah raga juga membantu mengurangi depresi, memulihkan fungsi otak.
3. Mengkonsumsi air dengan baik
Tubuh orang dewasa 60 - 70% terdiri dari air, air membantu metabolisme tubuh. Jumlah air ynag dibutuhkan manusia disesuaikan dengan tingkat aktivitas seseorang, suhu dan kelembaban lingkungan, namun tubuh memerlukan sekurangnya 2 - 2,5 liter air atau sekitar 8 gelas.
4. Makan makanan bergizi seimbang
Makanan gizi seimbang adalah makanan beraneka ragam  yang dikonsumsi sehari-hari dengan nilai gizi cukup, artinya tidak kekurangan ataupun berlebihan. Makanan yang kita konsumsi harus mempunyai nilai gizi seperti karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein, mineral, vitamin.
 5. Menghindari stress
Stress adalah reaksi seseorang terhadap tuntutan yang datang dari luar atau dalam pikiran individu itu sendiri. penyebab stress ini bisa datang dari luar maupun dari dalam. Stress dari lingkungan mungkin disebabkan karena kebisingan, kemacetan lalu lintas, polusi, dan segala macam gangguan lain. Stress dari dalam disebabkan karena luka atau penyakit tertentu, ketegangan pikiran. Bagaimana cara mengatasinya, yaitu kenali penyebabnya kemudian cari jalan keluarnya. Menghindari stress juga bisa dengan cara berpikir positif dan terus tersenyum.
6. Tidur yang cukup
Tidur memberikan kesempatan kepada bagian-bagian tubuh untuk merefresh fungsinya setelah dipakai dalam beraktivitas seharian. Tidur yang baik bukan dilihat dari lamanya tetapi dari kualitas tidur itu sendiri. Tapi pada dasarnya orang dewasa memerlukan waktu antara 6 - 8 jam untuk tidur. Tidur yang baik bermanfaat mencegah hipertensi, obesitas, stroke, penyakit jantung.
     Demikian beberapa tips menuju pola hidup sehat. Dengan hidup sehat maka hidup kita lebih teratur, segar dan bugar. Dengan  hidup sehat kita juga dapat meningkatkan kinerja, selalu berpikiran positif baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar sehingga terjadi interaksi sosial yang baik. Semoga kita termasuk orang yang mempunyai pola hidup sehat, semoga bermanfaat.
 




No comments:

Post a Comment