Partisipasi Primary Global Islamic School Condet Dalam Festifal Dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2020

Kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Binaan IV kecamatan Kramat Jati telah dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportifivitas dalam pengembangan diri secara optimal. Di sisi lain kegiatan FLS2N-SD
diharapkan dapat meningkatkan kreativitas, dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat,
dan kemampuannya. Melalui kegiatan FLS2N-SD ini pula diharapkan dapat tetap terpeliharanya semangat dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang seni dan budaya.

Dalam kegiatan ini terdiri lima jenis macam lomba, diantaranya :
1. Lomba menyanyi tunggal
2. Lomba pantomim
3. Lomba seni tari
4. Lomba kriya anyam
5. Lomba gambar bercerita

Seperti tahun-tahun sebelumnya Primary Global Islmic School Condet ikut berpartisipasi mengirimkan siswa-siswinya dalam kegiatan ini.

1. Lomba Pantomim

Peserta pantomim GIS Condet







Primary Global Islmic School Condet mengirimkan siswa-siswanya dalam lomba pantomim, mereka sangat antusias mengikutinya. Lomba ini bertujuan  untuk kreativitas perkembangan karakter, olah gerak (motorik), dan ekspresi anak yang bermuatan lokal serta menjunjung nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Alhamdulillah untuk kualifikasi tingkat binaan IV Kecamatan Kramat Jati , Primary Global Islamic School meraih juara pertama. Mudah-mudahan ini menjadi penyemangatan siswa-siswa Primary GlS  yang mengikuti mata lomba lainnya.

2. Lomba seni tari
Peserta tari dari Primary GIS Condet


Seni pertunjukan tradisi Indonesia tidak mengenal panggung  dimana penonton berada di satu sisi saja, duduk di kursi menikmati tontonan. Tradisi ritual adat, keagamaan, pesta panen dan sebagainya selalu dilakukan di ruang terbuka (out door) atau ruang publik (public space).

Lomba Seni Tari pada FLS2N tingkat Sekolah Dasar tahun 2020 adalah lomba tari ciptaan baru yang gagasannya atau temanya berangkat dari suatu tempat/lokasi spesifik (site specific) di luar ruangan/ruang publik (out door/public space), misalnya di taman kota, daerah pesisir (pantai atau pinggir sungai) atau halaman sebuah bangunan tua, museum atau tempat bersejarah di daerah penyelenggaraan lomba.

Tujuan dari lomba seni tari adalah :
1. Memberikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas seni dalam bidang seni tari.
2. Mengembangkan imajinasi, kepercayaan diri, dan kepribadian siswa secara optimal.
3. Meningkatkan apresiasi dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya bangsa.
4. Membina rasa tanggung jawab dan kerja sama antara siswa dan guru.

3. Lomba menyanyi tunggal
Peserta menyanyi tunggal dari Primary GIS






Menyanyi Tunggal adalah menyanyi seorang diri dengan atau tanpa iringan musik. Lomba Menyanyi Tunggal merupakan salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan bakat dalam seni olah vokal. Adanya kegiatan lomba ini, diharapkan dapat mengembangkan karakter siswa dalam hal kreativitas, percaya diri, saling menghargai, jujur, disiplin, bertanggung jawab dan dapat bekerja sama.

Tujuan dari lomba menyanyi tunggal adalah :
1. Meningkatkan kemampuan dan kreativitas peserta didik di bidang seni suara (menyanyi)
2. Meningkatkan apresiasi peserta didik terhadap bidang seni suara
3. Menyalurkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang seni suara
4. Memupuk mental peserta didik dalam hal kepercayaan diri
5. Mengembangkan sikap saling menghargai, jujur, disiplin, bertanggung jawab

4. Lomba gambar bercerita
Peserta dari Primary GIS Condet

Gambar Bercerita adalah gambar yang memiliki narasi ‘literasi visual’ yang tujuannya menceritakan proses kejadian/peristiwa melalui bahasa gambar, tanpa perlu ada penjelasan tulisan. Gambar tersebut dapat menceritakan tentang persoalan kehidupan sehari-hari, kegiatan sehari-hari, kejadian atau peristiwa tertentu, misalnya; peristiwa sejarah/legenda/mitos, kejadian luar biasa bencana alam, proses gotong-royong menyelesaikan permasalahan lingkungan, proses belajar mengajar di sekolah dengan berbagai aktivitasnya.

Tujuan dari lomba ini adalah :
1. Memupuk akhlaq yang baik dan tercermin dalam tingkah laku sehari-hari
2. Menumbuhkan karakter, watak dan kepribadian yang baik serta cinta tanah air


Keberhasilan pelaksanaan FLS2N-SD ini dapat menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan di bidang seni di Indonesia. Di samping itu, kegiatan ini akan menjadi ajang pembentukan karakter peserta didik agar mempunyai daya cipta, kelembutan hati, serta kecintaan seni dan budaya bangsa.  Primary Global Islamic School dalam hal ini konsisten dalam mencetak pribadi-pribadi yang tanguh berakhlaq mulia, memiliki pengetahuan dan ketrampilant sesuai dengan apa yang menjadi cita-cita pendidikan nasional.


















No comments:

Post a Comment